2 PENDIDIKAN KARAKTER DAN BELA NEGARA PKBN SMK NU MA’ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

2 PENDIDIKAN KARAKTER DAN BELA NEGARA PKBN SMK NU MA’ARIF KUDUS  TAHUN PELAJARAN 2017/2018
2 PENDIDIKAN KARAKTER DAN BELA NEGARA PKBN SMK NU MA’ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Stemaku News -  Edisi sebelumnya kegiatan PKBN diisi oleh KORAMIL dan POLSEK setempat. Tetapi kali ini berbeda, para pelajar yang mengikuti PKBN dilatih PBB oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) dari Universitas  Muria Kudus (UMK) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Selain dari Menwa,ari Universit kegiatan PKBN ini juga dibantu oleh segenap panitia dan tidak ketinggalan juga, anak- anak pramuka ambalan Sunan Kalijaga Dewi Sarah SMK NU Ma’arif  Kudus. Kegiatan PKBN sendiri berlangsung selama 3 hari yaitu dimulai dari Senin (24/7) sampai Rabu (26/7). Seperti biasa sebelum kegiatan dimulai, apel pagi yang selalu diutamakan dan dibuka oleh Bapak Drs. H. Surakhmat. Setelah itu absensi dan peserta langsung diberangkatkan ke Lapangan Hizbul Wathan (HW) tempat kegiatan PKBN berlangsung, tetapi bagi para pelajar putri melaksanakan PKBN di lapangan SMK NU Ma'arif Kudus.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pelajar muda karena masa depan negara ada ditangan para generasi penerus bangsa, selain itu pelatihan ini juga berguna bagi kedisiplinan masing-masing individu supaya diterapkan dikehidupan nyata. ” Ujar Hendri Arianto, salah satu Diksar Menwa saat diwawancara. 

Pra Diksar sendiri adalah nama khusus untuk latihan bagi anggota sebelum mengikuti pendidikan dasar militer didik bela negara. Selain dari Menwa yang sangat antusias dalam melatih pelajar, para pelajar pun juga sangat senang bisa dilatih oleh kakak-kakak Menwa yang cakep-cakep dan baik. Mereka tidak merasa lelah, karena perjuangan yang selama mereka jalani sangat berharga bagi dirinya masing-masing.

Semoga PKBN yang sudah mereka jalani bermanfaat dan bisa diaplikasikan di SMK NU Ma’arif  Kudus. Dihari terakhir segenap panitia mengucapkan salam perpisahan dengan berfoto bersama.

 

 

Administrator
Share :
?>