Sambut UNBK, SMK NU Maarif Kudus Perkuat Kualitas Teknologi

  • Di Teknologi
  • 18:42:10, 29 Maret 2016
  • By ID
  • 1188 Views
Sambut UNBK, SMK NU Maarif Kudus Perkuat Kualitas Teknologi
Sambut UNBK, SMK NU Maarif Kudus Perkuat Kualitas Teknologi

Senin, 21 Maret 16– Pelaksanaan Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputeri­sasi (UNBK), memang tidak lepas dari piranti perangkat berteknologi tinggi. Menjadi salah satu dari belasan Seko­lah Menengah Kejuruan (SMK) yang baru kali pertama mengikuti UNBK, SMK NU Ma'arif Kudus telah melakukan perisapan dengan matang.

Dengan menyediakan tujuh perang­kat komputer server, pelaksanaan Try­out UNBK di hari ketiga berjalan lancar. Waka Kurikulum SMK NU Ma'arif Kudus, Arif Zaenal menuturkan, pihaknya telah melakukan tes terlebih dahulu, kepada semua unit perangkat yang akan digu­nakan siswa, baik itu software ataupun hardware.

“Karena sekolah sendiri sudah menyiapkan teknisi di setiap bidang masing-masing, mulai dari pengujian aplikasi hingga perakitan, dan operator pengwas di setiap ruang ujian,” jelas­nya.

Untuk persertanya, lanjutnya, se­banyak 478 murid yang terbagi dalam lima kejuruan, dan terbagi dalam empat ruangan laboratorium komputer.

“Dalam satu ruangan kita mengisin­ya dengan 40 siswa, lengkap dengan 40 unit komputer dan laptop, dan untuk secara keselu­ruhan pihak sekolah menyediakan 200 unit komputer, namun 40 diantaranya diperuntukan untuk cadangan, bila mana terjadi error,” paparnya.

Masih ucap Arif Zaenal, SMK NU Ma'arif Kudus menggunakan sistem jaringan ‘Lan connection’ yang ter­hubung satu sama lain, dengan begitu pemba­gian aplikasi soal atau­pun materi pengerjaan ujian bisa dengan mu­dah di akses para mu­rid.

“Namun, Karena dengan jumlah unit komputer yang luma­yan banyak, serta pros­es online yang hampir bersamaan, loading page materi soal mem­butuhkan waktu hingga beberapa menit, karena tarik ulur jarin­gan internet,” ucapnya.

Sementara, salah satu perserta, Dwi Suryanti menuturkan, untuk tek­nis pengerjaannya tidak ada kendala. Tapi memang membutuhkan waktu beberapa menit, kala membuka page soal.

“Karena lembar soal tersebut ber­bentuk web page, dan berjumlah 40 halaman(soal) serta menggunakan sambun­gan kala mengaksesnya, kiranya kita masih harus menambah kapasitas daya internet connection untuk membetul­kan masalah tersebut,” ujarnya.

Tapi, jika melihat dari sisi efisensi pengerjaan, rupanya siswi kelas 12 juru­san Administrasi tersebut, lebih menyu­kai ujian dengan berba­sis komputerisasi.

“Lebih cepat karena tidak harus menghitamkan jawaban, seperti ujian cara manual seperti biasa,” tungkas­nya

Terpisah, Kepala SMK NU Ma'arif Kudus, Drs. H. Akhmad Nadlib menambahkan, untuk aplika­si materi soal Tryout UNBK ini, dirinya mengakui bahwa itu merupakan origi­nal buatan pihak sekolah.

“Jika dilihat dari biaya pembuatan tujuh unit server serta aplikasi terse­but, nominalnya memang sangat besar. Tapi melihat kenyamanan para pelajar serta meningkatkan mutu pendidikan hingga kualitas murid, dirasa sangat baik kala penerapannya,” pungkasnya.

Administrator
Share :

Menu Sistem

Populer

Terbaru

Post Kategori

Post Tag

?>