Teknik Pemesinan

Teknik Pemesinan

Teknik Pemesinan adalah ilmu yang mempelajari energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Dalam hal penggerak-penggerak awal ini, teknik pemesinan mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis.

Hal lain yang dipelajari dalam teknik pemesinan adalah sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, momen, atau puntiran. Sifat bahan penting untuk dopelajari dikarenakan dalam mendesain suatu barang, kita harus menentukan dulu kegunaan dari barang tersebut dan gaya-gaya apa saja yang akan diperlakukan pada barang tersebut. Dalam teknik pemesinan juga diajarkan untuk mengubah sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan, yaitu dengan perlakuan panas ataupun penambangan unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam.

Teknik Pemesinan sangat dibutuhkan dalam era industrialisasi yang sedang terjadi di Indonesia, maka dibutuhkan banyak tenaga kerja yang dapat menangani alat-alat industri yang ada dan dipakai di Indonesia. Untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja tersebut, maka dibutuhkan teknik mesin.

Teknik Pemesinan SMK NU Ma'arif Kudus bekerja sama dengan Dunia Industri/Usaha di Kudus dan sekitarnya seperti PT. Djarum Kudus, PT. Duwa Atmi Muda, Bengkel SRI SLAMET dll.

VISI

* Inovatif dan Berkarakter *

 

MISI

* Menjadikan teknologi dan inovasi sebagai jembatan untuk membangun Karakter *

 

MOTTO

* Make effort and pray to be the best *

 

BIDANG KEAHLIAN        : TEKNOLOGI DAN REKAYASA

PROGRAM KEAHLIAN     : TEKNIK PEMESINAN

 

TARGET PENDIDIKAN & PELATIHAN

Terampil dalam bidang :

- Teknik Pemesinan (bubut dan frais manual)

- Teknik Pemesinan (bubut dan frais CNC)

- Teknik drawing (auto CAD dan autodesk inventor)

 

FASILITAS

Bengkel Pemesinan (manual dan CNC)

Laborat komputer auto CAD dan autodesk inventor

 

SASARAN MUTU TP 2015/2016

Terlaksananya penerapan 5 S atau 5 R sebagai budaya industri di Program Keahlian Teknik Pemesinan

 

RUANG LINGKUP DUNIA USAHA/INDUSTRI

Industri Pemesinan

Industri Tekstil

Industri Otomotif

Industri Manufaktur

Bengkel Umum (Bubut,Frais dll)

Kerja Mandiri/Berwirausaha