Mikrotik Academy SMK NU Ma’arif Kudus

0
266
Mikrotik Academy
Mikrotik Academy SMK NU Ma'arif Kudus

Mikrotik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. Mikrotik bergerak dibidang hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer. Mikrotik dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins pada tahun 1996.

Mikrotik Academy SMK NU MA’ARIF KUDUS adalah Program pendidikan training dan sertifikasi mikrotik tingkat MTCNA (MikroTik Certified Network Associate) hasil kerjasama dengan Mikrotik Pusat di Latvia (Eropa). Program ini dikelola oleh Program Keahliah Teknik Komputer dan Jaringan, dengan adanya program MikroTik Academy memberikan kesempatan bagi siswa SMK NU MA’ARIF KUDUS  yang berminat untuk dapat mengikuti training sehingga mendapatkan sertifikat RESMI dari Mikrotik Latvia, yang secara online langsung keluar di web mikrotik bagi yang telah dinyatakan lulus.

Uji Sertifikasi MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) adalah sebuah program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami dasar-dasar networking dan meningkatkan atau memberi nilai tambah pada Network Engineer tersebut. MTCNA diperuntukkan bagi Network Specialist, Network Administrator, dan Network Support Engineer dengan pengalaman 1 – 3 tahun. MTCNA akan melakukan validasi bahwa seseorang telah memiliki kemampuan untuk instalasi, konfigurasi, operasioanal, dan pemecahan masalah pada jaringan ber-skala menengah (medium-size network).

Adapun syarat-syarat mengikuti training MTCNA :

  1. Siswa SMK NU MA’ARIF KUDUS,
  2. Mengenal Dasar-dasar jaringan dan TCP/IP.

Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini meliputi:

  • Introduction to Mikrotik.
  • Instalasi dan pengoperasian Mikrotik (console dan Winbox).
  • Firewall dasar.
  • Bridge System.
  • Static Routing.
  • Quality of Service (simple).
  • Wireless Concept.
  • Wireless Interface : PTP & PTMP.
  • Praktikum jaringan dasar.

Fasilitas yang akan didapatkan oleh peserta:

  1. Ujian Resmi dari Mikrotik.com,
  2. Sertifikat (jika lulus ujian) (Sertifikat Internasional langsung dari Mikrotik pusat di LATVIA),
  3. Sertifikat diakui secara INTERNATIONAL (berlaku 3 tahun),
  4. Modul Materi pelatihan,
  5. Router Mikrotik untuk latihan, 1 router per peserta,
  6. Komputer bagi siswa yang tidak memiliki laptop.