MoU PT TELKOM DAN SMK NU MA’ARIF KUDUS

0
944

MOU  ANTARA PT  TELKOM DAN SMK NU MA’ARIF KUDUS

 

Jurnalism- Sabtu, 16 Januari 2021  diadakan MOu  antara PT TELKOM dengan SMK NU Ma’arif Kudus untuk Pengembangan kurikulum yang sesuai kebutuhan industri digital.

Kerjasma program ini adalah Pengadaan Kurikulum Kompentensi Jaringan Fiber Optik (FO) Kelas Industri Telkom untuk SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Latar belakang adanya program ini menindaklajuti Program: Revitalisasi SMK ( ssi Kepres no.9 th 2016), Link & Match dengan Industrri dan Program SMK go to Industri 4.0  serta  mengurangi angka Pengangguran Lulusan SMK  khususnya jurusan TKJ ,dimana angka pengangguran Lulusan SMK berkontribusi 14%  terhadap angka penganguran Nasional

Manfaat dengan adannya kerjasama ini Untuk menyiapkan Tenaga Ahli Jaringan Fiber Optik untuk industry Digital Connectivity (Telkom. Telkom Group dan All Industri Telekomunikasi)

Kegiatan Kelas Industri Telkom meliputi 8 tahap :

o             Pengadaan Laboratorium Fiber Optik

o             Pengadaan Kurikulum ( yg telah diselaraskan oleh Kemendobud)

o             Pengadaan Teaching Factory (TEFA)

o             Magang Guru

o             Magang Siswa

o             Kunjungan Industri

o             sertifikasi Siswa & Guru ngajar

o             Perekrutan lulusan

  • Pelakasanaan : Kolaborasi antara PT Telkom DBS (Segmen LBS), SMKNet, TPCC dan Kemendibud
  • Tahapan Program telah dilaksanakan : Pengajuan Kurikulum ke Kementerian (inisiasi saya kerjasama dg TPCC) , Proses Penyelarasan Kurikulum dengan KI KD (tgl 16 Oktober 2019), dan Pengesahan Kurikulum Industri (11 Des 2019) dan sekarang tahap Pengadaan Lab FO dan implementasi Kurikulum

Diharapkan dengan adanya MOu seperti ini kebutuhan akan peluang tentang industri dapat terjalin dengan baik. Keterkaitan dunia industri  memang sangat dibutuhkan SMK untuk menciptakan output yang kompetitif , handal dan berani bersaing di era Revolusi Industri sekarang ini.

Untuk Pagi ini yang bertandang yakni pihak Telkom Retail Kudus yakni Bapak Sumaryanto Selaku GM PT Telkom Kudus dengan pihak SMK NU Ma’arif Kudus  yang diterima langsung beliau Drs. H. Akhmad Nadlib selaku kepala sekolah.

“ SMK Ma’arif Kudus sangat berbeda sekali dengan SMK yang lain” ucap Sumaryanto

“ Baru kali ini saya melihat SMK yang sangat besar dan hebat”tegasnya kembali

Anggapan tersebut sama seperti anggapan  yang  seringkali terucap dari berbagai pihak yang sering bertandang ke SMK NU Ma’arif Kudus

So..Bravo For SMK NU Ma’aarif Kudus

 

By : Sony Jurnalis