Pembuatan Panel Surya

0
181
Pembuatan Panel Surya
Pembuatan Panel Surya

Siswa Teknik Istalasi Tenaga Listrik dalam mengembangkan sebuah kompetensi dan berinovasi menciptkan sebuah Panel Surya. Hal ini jadi tantangan civitas akademi SMK NU Ma’arif Kudus. Yang Mencoba berinovasi, riset dan pengembangan yang dapat dimnfaatkan oleh masyarakat umum. Salah satunya adalah pengembangan PLTS. “Alhamdulillah, da sekitar 40.000 Watt yang dihasilkan dr PLTS yang kita kembangkan dengan pola on grid dan off grid” ujar Sumarno, ST selaku guru yang menhajar di kompetensi keahlian TITL yang di tunjuka sebagai coordinator  PLTS,”kita sedang mengatur sistem control untuk suplay ke penerangan halaman, taman dan daya untuk administrasi Umum” lanjut beliau.

Arif Zaenal M, selaku WKS Kurikulum menyampaikan “Pengembangan model pembelajaran yang kita laksanakan Teaching Factory, STEM dan Inovasi Produk Kreatif. Kurikulum sudah kita match dg industri serta budaya mirip diindustri. Karakter Ahlusunnah wal Jamaah an An Nahdliyah juga kita terapkan sehingga klop untuk hadapi tantangan kedepan” Inilah tanggung jawab pihak sekolah terhadap kompetensi siswa agar diterima industri dan masyarakat.

APA ITU PANEL SURYA

Panel surya adalah suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic,Energi listrik yang diproduksi biasanya akan digunakan untuk kebutuhan listrik dan ada yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai, Cara kerja sistem panel bertenaga matahari ini tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena menggunakan bantuan baterai tersebut, “Ada kabel yang masuk ke panel listrik rumah. Karena panel surya terintegrasi ke panel listrik rumah, otomatis ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya nyalain TV, atau AC, maka tenaga listrik diambil dari panel surya dulu.

MANFAAT APA YANG DI HASILKAN PANEL SURYA

Kenaikan listrik konvensional atau listrik PLN untuk rumah non subsidi mencapai 9,7% per tahun, Penyebabnya dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kenaikan harga bahan bakar utama, Kenaikan ini akan berdampak pada tingkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, baik secara langsung dan tidak langsung.

Memang, tidak setiap tahunnya terdapat kenaikan. Namun sekali naik, kenaikannya bisa mencapai 20-30%, Dari segi penggunaan, energi listrik tenaga surya sangat cocok karena tidak menggunakan bahan bakar secara konvensional.

Energi utamanya adalah matahari yang bisa didapatkan secara gratis, Jika hal ini diterapkan di berbagai instansi, perindustrian, hingga rumah tangga, maka dapat menghemat pengeluaran dan dana yang tersimpan pun bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya. “Tagihan listrik bisa berkurang rata-rata hingga 50% dengan menggunakan panel surya,” ujar sumarno.