Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah pemilik jiwa ini. Sholawat dan Salam kita haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam, atas jasa beliaulah kita bisa menikmati iman dan islam secara kaffah.
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada team redaksi majalah KARISMAKU yang memberikan saya kesempatan untuk sekedar sharing pengalaman yang semoga dengan ini dapat menumbuhkan semangat bagi para pembaca kususnya adik-adik, anak-anakku sekalian siswa siswi SMK NU Ma’arif Kudus. Tak lupa ucapan terima kasih yang setingg-tingginya kepada Bapak Ibu Guru SMK NU Ma’arif Kudus yang telah mendidik kami, semoga amal Bapak Ibu sekalian mendapat balasan dari Allah dengan balasan yang berlipat, Aamiin.
Perkenalkan nama saya Ali Subki saya Alumni tahun 2000, tak terasa 23 tahun kami meninggalkan bangku SMK begitu banyak. kenangan yang kami lalui semasa menempuh pendidikan. Tapi saya di sini tidak menceritakan tentang itu, he he he… saya mencoba menuangkan pengalaman singkat hidup saya dalam sebuah artikel pendek. Semoga berkenan.
Saya masuk SMK tahun 1997 dan lulus tahun 2000, saya termasuk murid yang tidak terlalu pandai dan juga tidak terlalu kurang. Saya masuk di kelas M5 dan M5 adalah kelas yang muridnya lumayan pandai, he he he.
Setelah saya lulus, saya mencoba daftar di UNDIP teknik sipil, namun Allah belum mengizinkan saya untuk sekolah di UNDIP. Karena saya tidak lolos untuk kuliah saya mencoba melamar kerja tetapi selama hampir 1 tahun, penantian itu sia-sia. Di tahun berikutnya saya mendaftar di PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Saya menempuh pendidikan selama 4 tahun DIV dengan gelar Sarjana Science Ilmu Terapan (S.ST), dengan berbekal ijazah kepelautan ini saya meniti karir. Di bulan ke 3 dari saya memegang ijazah saya diterima kerja di perusahaan yang berlokasi di Surabaya PT. Spil (Salam Pacific Indonesia Lines), dengan jabatan sebagai Engineer Class 3 Pekerjaan ini saya lalui selama 6 bulan (1 kontrak), kemudian saya, pindah ke PT. ABPL (Armada Bumil Pratiwi Lines), di perusahaan ini saya bertahan 2 kali kontrak dengan kapal yang berbeda dan untuk kapal yang kedua jabatan saya sudah naik jadi Engineer Class 2. Setelah itu saya melanjutkan sekolah lagi di PIP Semarang untuk ijazah yang lebih tinggi. Kurang lebih 6 bulan sekolah selesai dan mendapatkan ijazah baru, saya mencoba peruntungan di perusahaan Singapore PT. OSM. Alhamdulillah berbekal pengalaman dan ijazah saya diterima. Di perusahaan ini saya bertahan selama 5 kali kontrak dengan kapal yang berbeda (perlu diketahui untuk 1 kali kontrak setiap dari perusahaan mempunyai standard berbeda, ada yang 1 kontrak itu 6 bulan ada yang 8 bulan dan bahkan ada yang 9 bulan). Berbagai dinamika kerja saya lalui di perusahaan tersebut, senang susah berat ringan adalah sesuatu yang lumrah yang akan kita alami dalam dunia kerja dan ini akan membentuk karakter setiap dari kita, yang tepenting adalah semangat kerja jangan sampai kendor. Dari PT OSM saya mencoba peruntungan di PT. Pertamina dan atas kehendak Allah, saya diterima. Di Pertamina, saya bekerja selama 5 kali kontrak dengan kapal yang berbeda dan saya resign di tahun 2016 untuk melanjutkan pendidikan lagi di PIP Semarang untuk mengambil ijazah Engineer Class 1. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Di tahun yang sama yakni 2016 saya mencoba merubah haluan karier saya untuk mencoba terjun di dunia offshore oil and gas (pengeboran lepas pantai), dan atas izin Allah saya diterima di PT. Sabah International Petroleum, perusahaan Malaysia yang mengelola pengeboran lepas pantai di wilayah Lamongan Shore Base untuk PT. Petronas Malaysia. Pekerjaan ini saya jalani mulai 2016-2019. Berbagai ilmu baru saya dapat dari dunia pengeboran dan perminyakan sungguh pengalaman yang luar biasa, bisa berada dalam dunia ini. Tahun 2019 saya mendapatkan tawaran di perusahaan saya yang sekarang yaitu PT. Vector Maritim, perusahaan pelayaran yang sekarang mencoba peruntungan terjun di dunia offshore. Singkat cerita setelah interview saya diterima. Di tahun yang sama saya resign di perusahaan sebelumnya. Setelah mendapat surat persetujuan, saya off dan pindah dari PT. Sabah International Petroleum ke PT. Vector Maritim. Operasi kerja saya saat ini di pengeboran lepas pantai Natuna offshore untuk PT. Medco Energy (MEPN). Dikarenakan posisi Kepulaan Natuna ini jauh dan terpisah-pisah dari daratan sehingga untuk mencapai lokasi perlu perjalanan yang berliku dari Jakarta Halim Perdana Kusuma, jam 5 subuh menaiki pesawat kecil dengan penumpang tidak lebih dari 60 orang menuju Kepulauan Matak ( wilayah Kepulauan Riau) dengan menempuh waktu sekitar 2 jam 45 menit. Dari kepulauan Matak dilanjutkan menaiki Helicopter menuju lokasi dengan waktu tempuh 45 menit. Sudah 3 tahun lebih saya jalani pekerjaan ini dan alhamdulillah semua berjalan dengan baik aman dan lancar.
Adek-adekku sekalian itulah sekelumit perjalanan karir saya, dan atas kehendak Allah saya telah berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, dari satu negara kenegara lain. Dan perlu adek-adek ketahui untuk besarnya gaji yang saya dapat dari satu perusahaan ke perusahaan lain pasti ada peningkatan tidak mungkin saya pindah dari satu tempat kalau itu tidak lebih baik (saya harap ini juga jadi motivasi adek-adek bahwa dalam hidup harus selalu berjuang berproses untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik). Tambahan motivasi he he he Kita kerja yang dicari uang yang halal dan berkah betul kan? Saya di Natuna ini kontrak kerja saya adalah 6 minggu kerja dan 6 minggu libur, mau gak adek- adek saya kasih tahu besaran gaji saya? Mau gak? 6 minggu saya kerja gaji saya cukup untuk beli 1 mobil baru Honda Brio. Ini termasuk kecil, ada yang gajinya bisa dua kalinya dari itu.
Untuk itu adek-adekku kejarlah cita-citamu setinggi mungkin dan gunakan waktumu yang sekarang untuk menggali ilmu agar berguna nanti di masa depanmu. Jika ingin melanjutkan kuliah silahkan pilih sesuai bakat dan minatmu, dan yang tidak ada biaya untuk melanjutkan kuliah jangan berkecil hati karena sewaktu saya di Lamongan banyak temen saya yang alumni
SMK bekerja di offshore. Awalnya mereka bekerja pada pabrik-pabrik dan mekanik alat-alat berat, setelah mereka paham tentang mesin mereka mencoba kerja jadi TKI di dunia oil and gas, ada yang di Arab ada yang di Kuwait. Sesudah itu mereka mencoba peruntungan di Indonesia setelah mendapatkan pengalaman.
Pesan saya untuk adek-adekku, hormati juga bahagiakan ibu dan ayahmu maka dunia akan mengikutimu. Bekerja dan berusahalah dengan ikhlas maka rezeki akan menghampirimu. Kata ikhlas mudah diucapkan tapi susah pelaksanaanya tapi apapun itu teruslah berusaha ikhlas, “ikhlas
adalah ketika kita dinasehati ketika kita dikritik atau bahkan ketika kita difitnah tidak mengendorkan semangat kita sehingga jadi punah, ikhlas adalah ketika pekerjaan atau perbuatan kita tidak mendapatkan apresiasi yang sebanding tidak membuat kita urung untuk bertanding, ikhlas adalah ketika sepi atau ramai, sedikit atau banyak menang atau kalah kita tetap berada di jalan yang lurus dan terus semangat untuk melangkah, ikhlas adalah ketika kita berada pada posisi atas tidak membuat kita angkuh dan ketika di posisi bawah kita akan tetap bersungguh sungguh, ikhlas adalah ketika kita mendapat ujian dan cobaan dari Allah kita tetap bersabar dan bersyukur dan tidak membuat hati kita hancur.”
Semoga Allah Yang Maha Memberi Rizki selalu
melimpahkan Rahmat-Nya untuk kita semua, Aamiin.
Demikian yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
Terima kasih
Ali Subki 081273579300